Petis Runting Sajian Menggugah Selera Khas Pati

Jika lewat Kota Pati, Jawa Tengah jangan lewatkan untuk mencicipi menu makanan khasnya berupa Petis Tulang Kambing. Menu makanan ini rasanya sangat nikmat dan gurih jika di makan dalam keadaan hangat atau panas. Menu makanan ini terkenal namanya dengan sebutan Petis Runting, karena penjualnya hanya ada di Desa Runting Pati.

Banyak orang kurang tahu Petis Runting. Padahal, Petis Runting menawarkan sajian menu khas orang Jawa yang menggungah selera, menjadi salah satu menu primadona orang Pati di sekitar Desa Runting, Pati. Petis Runting adalah kuliner khas Pati semacam gule, berbentuk cair namun agak kental, terbuat dari tepung beras agak kasar yang disangrai dengan bahan daging kambing atau balungan/tulang kambing, sum-sum yang biasa dinikmati dalam kondisi panas.

Rasanya gurih, beraroma sedap, pedas, dan menggungah selera. Biasanya, Petis Runting dimakan dengan sate dengan minuman pendampingnya adalah es teh, teh anget, es jeruk, atau jeruk anget. Tradisi membuat petis di setiap keluarga biasa dilakukan saat Lebaran Idhul Adha tiba. Hal ini dikarenakan banyaknya daging kambing yang dibagikan saat Idhul Adha.

Harga Petis Runting yang ditawarkan di masing-masing warung petis berbeda. Biasanya Cukup dengan Rp 5000 hingga Rp 10.000, Anda sudah dapat menikmati sedapnya Petis Runting khas kota Pati. Untuk membuat Petis Runting, pertama persiapkan tepung beras yang masih kasar. Lalu sangrai di atas wajan tanpa minyak. Untuk mendapatkan tepung petis, Anda cukup beli di beberapa pasar tradisional seperti di Pasar Runting.

Selanjutnya, rebus daging kambing beserta tulang-tulang atau balungan sampai mendidik dan berbau harum. Setelah itu masukkan tepung petis yang sebelumnya sudah diendapkan dengan air di mangkuk. Persiapkan bumbu-bumbu, antara lain cabe/lombok, bawang merah, bawang putih, garam, penyedap rasa, laos, merica, daun salam (opsional), gula merah atau kecap.Bumbu-bumbu ditumbuk atau diulek dalam cobek. Setelah menjadi satu, masukkan ke dalam panci yang sudah terdapat daging kambing dan tepung petis. Petis Runting khas Pati ini juga banyak dikreasikan denrgan bahan dasar, seperti menggunakan daging sapi, daging ayam, sampai tempe.

Baca Juga :   Sejarah Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah